JATUHNYA PESAWAT MERPATI MA 60 DI TELUK KAIMANA, PAPUA BARAT


KANTOR SAR SORONG – Musibah pesawat jatuh kembali terjadi dalam dunia penerbangan Indonesia. Kali ini pesawat Merpati berjenis MA 60 yang membawa 27 orang penumpang jatuh di sekitar Teluk Kaimana, Papua Barat, 500 meter sebelum sampai di landasan. Jatuhnya pesawat MA 60 ini terjadi sekitar pukul 14.05 Wit, tidak jauh dari Bandara Kaimana, Sorong, Papua Barat. Kantor SAR Sorong yang menerima laporan dari pihak Bandara Kaimana segera menurunkan tim rescuenya menuju tempat terjadinya musibah dan langsung melakukan pencarian terhadap semua korban.{READMORE}

Jatuhnya pesawat ini ditenggarai karena kondisi cuaca buruk, sehingga jarak pandang sangat terbatas dan pesawat mulai hilang keseimbangan. Pesawat yang dipiloti oleh Purwadi Wahyu dan co-pilot Paul Natt ini diketahui membawa penumpang yang terdiri dari 18 orang dewasa, 1 anak, 2 bayi, dan 6 orang kru pesawat (2 pramugari, 2 teknisi, termasuk pilot dan co-pilot).

Menurut perkiraan, pesawat yang sedang melakukan penerbangan dengan rute Sorong-Kaimana-Nabire berangkat sekitar pukul 12.45 Wit dari Sorong dan direncanakan tiba di Kaimana pukul 13.55 Wit. Namun ketika  hendak mendarat di Bandara Kaimana, Pilot dan Co-pilot tidak dapat mengendalikan pesawat karena saat itu cuaca hujan dan berkabut tebal, sehingga mempengaruhi jarak pandang, dan menyebabkan pesawat jatuh.

"Sampai saat ini Tim SAR sudah berhasil menemukan 15 orang dalam keadaan meninggal dunia, sekarang sudah dievakuasi ke rumah sakit terdekat," ujar Kepala Basarnas, Nono Sampono, S.Pi., M.Si. Menurut beliau, Tim SAR Gabungan bersama polisi dan TNI serta pihak Merpati di lokasi masih berusaha melakukan proses pencarian terhadap penumpang lain yang belum ditemukan. (Berbagai sumber)



Kategori Kecelakaan Penerbangan .
Pengunggah : author