KANTOR SAR SORONG MENYELENGGARAKAN RAPAT KOORDINASI SAR


SORONG - Dalam rangka peningkatan kerjasama antara Basarnas dengan instansi-instansi  (potensi SAR) yang ada di Kota Sorong, Kantor SAR Sorong menyelenggarakan rapat koordinasi SAR. Basarnas selain melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pencarian dan pertolongan yang selanjutnya disebut SAR (Search And Rescue) sesuai dengan peraturan yang berlaku, Basarnas juga mempunyai tugas melaksanakan pembinaan, pengkoordinasian dan pengendalian potensi SAR dalam pelaksanaan operasi SAR. Adapun tema kegiatan tersebut “Harmonisasi dan Sinkronisasi  Penyelenggaraan Operasi SAR Melalui Koordinasi antar Instansi  Berpotensi SAR di Propinsi Papua Barat”.Rapat koordinasi SAR yang bertempat di Hotel Mariat dilaksanakan Kamis (12/12) pukul 09.00 WIT dan berlangsung selama 1 (satu) hari. Acara dimulai dengan  pembacaan laporan ketua panitia oleh Hendra Salawenay, S. Pi. Usai laporan ketua panitia dilanjut dengan pembukaan secara resmi oleh Asisten I Sekda Kota Sorong Ismail Latuconsina, S. Sos. yang ditandai dengan pemukulan tifa. Dalam sambutan Walikota yang dibacakan oleh nya mengatakan, “Pencarian dan penyalamatan terhadap jiwa manusia sebagai akibat dari musibah pelayaran, penerbangan, bencana dan musibah lainnya merupakan tugas kemanusiaan yang bersifat nasional dan dilaksanakan secara terkoordinaasi dengan instansi yang berpotensi SAR.”  

Ia juga menambahkan bahwa yang perlu dimantapkan melalui peningkatan kemampuan organisasi agar mampu menyelenggarakan bantuan/operasi SAR dengan cepat, tepat dan berhasil, maka Rakor SAR mutlak harus dilaksanakan. Hal itu untuk menyatukan pola pikir dan pola tindak.  “Saya menganggap bahwa Rakor SAR semacam ini adalah sangat penting diadakan untuk pemantapan koordinasi potensi SAR di Wilayah Sorong dan Papua Barat. Saya mengucapkan terima kasih kepada Badan SAR Nasional dan Instansi terkait atas segala bantuan serta dukungan yang diberikan sehingga dapat terlaksananya kegiatan ini”, tangkasnya.

Acara rakor ini dihadiri oleh Kasubdit Siaga, Latihan dan Standardisasi Anggit M Satoto yang juga tampil sebagai narasumber. Adapun tamu undangan dihadiri oleh muspida-muspida yang ada di Kota Sorong dan  diikuti oleh peserta  dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Dinas kesehatan, Navigasi Kelas I Sorong, Stasiun Meteologi, Stasiun Geofisika Sorong, Dinas Sosial, Kesehatan Pelabuhan, Dinas perikanan dan Kelautan, Stasiun Radio Pantai, Kesbag  Linmas dan Ormas. Materi yang disampaikan meliputi langkah-langkah dalam rangka terwujudnya strategi serta bagaimana berkoordinasi dalam melakukan kerjasama dengan semua pemerintah Propinsi, Kabupaten/Kota di dalam pembinaan maupun pelaksanaan operasi SAR dalam upaya mempercepat respon time pada saat terjadinya musibah atau bencana di Kota Sorong. 

Setelah selesai serangkaian kegiatan  dilanjut dengan acara penutupan oleh Kasubdit Siaga, Latihan dan Standardisasi Anggit M Satoto dalam sambutannya beliau mengucapkan terimah kasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti kegiatan dengan baik. (Humas/Fat)



Kategori General Artikel .
Pengunggah : author
12 December 12:23 WIB