PLN BEKERJASAMA DENGAN BASARNAS KANTOR SAR SORONG MENGGELAR SOSIALISASI DAN SIMULASI PENANGGULANGAN BAHAYA KEBAKARAN DAN KECELAKAAN KERJA


SORONG-Kebakaran akan mengakibatkan harta kekayaan yang besar menjadi berkurang dengan drastis, dalam waktu yang sangat singkat, bahkan sampai habis sama sekali. Karena itulah bahaya kebakaran paling ditakuti oleh semua orang. Kesadaran akan pentingnya pencegahan kebakaran dan penanggulangan dini terhadap bahaya kebakaran pada umumnya masih dirasakan sangat kurang, khususnya di Kota Sorong. Sehingga masih seringkali terjadi kebakaran dan kecelakaan kerja yang mengakibatkan kerugian. Untuk mencegah kejadian dan mengurangi dampak yang ditimbulkannya, diperlukan tingkat pengetahuan tentang api dan pengetahuan terhadap kecelakaan kerja, kesiapan dan kesigapan tenaga kerja dalam sebuah perusahaan sangat dibutuhkan untuk mengatasi kecelakaan kerja atau peristiwa yang sewaktu-waktu terjadi, karena inilah PLN menggelar Kegiatan simulasi penanggulangan bahaya kebakaran dan kecelakaan kerja yang dilaksanakan atas kerjasama dengan Basarnas Kantor SAR Sorong pada hari Jumat tanggal 14 Februari 2014 di halaman PLN Kota Sorong, kegiatan ini dibuka oleh Asisten Manajer PLTD Sorong Yuskar Ardianto dalam sambutannya beliau menghimbau kepada semua peserta untuk mengikuti kegiatan dengan aman, tertib dan lancar.  

Peserta berasal dari anggota PLN se Kota Sorong sedangkan instruktur berasal dari Basarnas Kantor SAR Sorong yang berjumlah 5 (lima) orang yang di komandoi oleh Fransiskus Jamlean yang juga merupakan salah satu anggota BSG (Basarnas Special Grup) adapun materi yang diberikan kepada peserta yaitu teknik pertolongan pertama pada kecelakaan, teknik pertolongan pada korban patah tulang dan materi SCBA (self continant brething apparatus) selain itu peserta juga diberikan pengetahuan akan pentingnya safety dalam bekerja dilapangan. Seluruh peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini terlihat dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada instruktur.  Sementara itu dalam simulasi ini sempat digambarkan pula terjadi kebakaran pada sebuah pabrik dan petugas pemadam kebakaran kemudian berdatangan dan memadamkan kobaran api. Tidak hanya melakukan pemadaman, petugas juga mempraktikkan bagaimana menyelamatkan korban yang terjebak dalam kobaran api. (Fat/Humas)

 



Kategori General Artikel .
Pengunggah : author
14 February 19:30 WIB