Sejarah Kantor Pencarian dan Pertolongan Sorong

Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Sorong terletak di Propinsi Papua Barat denga jumlah penduduk berkisar 629.668 jiwa ( sumber : wikepedia thn 2020 ) dan memiliki luas wilayah kerja 111.650, 78 km² yang terdiri dari 7 kota dan kabupaten yaitu :

1. Kota Sorong

2. Kabupaten Sorong

3. Kabupaten Sorong Selatan ( Sorsel )

4. Kabupaten Raja Ampat

5. Kabupaten Fakfak

6. Kabupaten Maybrat

7. Kabupaten Tambrau

Awal mula berdirinya Kantor Pencarian dan Pertolonga Kelas A Sorong adlah pada tahun 1981 yang pada waktu saat itu di sebut dengan nama Sub Koordinasi Rescue ( SKR ) Sorong. Beralamat di Halte Doom Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Sorong Barat. Setelah itu Kantor mengalami beberapa pergantian nama, diantaranya :

-Pada Tahun 2000 SKR Sorong berganti nama menjadi Kantor SAR XXI Sorong. Untuk gedung Kantor pun bergeser dengan alamat yang sama namun dengan luas bangunan dan halaman yang lebih besar.

-Pada Tahun 2012 - 2014 berganti nama menjadi Kantor SAR Sorong Tipe B.

-Pada Tahun 2014 - 2018 berubah nama menjadi Kantor SAR Sorong Kelas B.

-Pada Tahun 2019 di rubah namanya menjadi Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Sorong.

-Dan pda Tahun  2020 di naikan kelasnya dari Tipe B menjadi Tipe A sehingga menjadi Kantor Pencarian dan Pertolongan Sorong.

Pada tahun 2005 seiring dengan bertambahnya jumlah personil, maka dibangunlah gedung ke tiga yaitu gedung Kantor SAR Sorong yang beralamat di jalan Avignam No.115 Km 10 Masuk, Kantor Pencarian dan Pertolongan Sorong.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Sorong ( KPP ) Kelas A Sorong memiliki jumlah personil 71 orang yang di pimpin oleh seorang Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan ( Kakansar ) dan dibantu oleh 2 Kepala Seksi ( Kasie ) diantaranya Kepala Seksi Operasi dan Siaga ( Kasie Ops ) dan Kepala Sumber Daya ( KSD ), serta 1 orang Kepala Sub Bagian Umum ( Kasubbag Umum ).

Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Sorong membawahi 2 Pos Pencarian dan Pertolongan yaitu ;

1.Pos Pencarian dan pertolongan Fakfak, dengan jumlah personil 8 orang. Beralamat di Jln. Poros Kiat Fakfak, Distrik Werba Kabupaten Fakfak.

2.Pos Pencarian dan Pertolongan Raja Ampat, dengan jumlah personil8 orang Rescuer dan 2 orang tenaga ABK Honorer, beralamat di Jln. Jendral Soedirman Waisai, Kabupaten Raja Ampat.